A.
Dimesi
Proses Kognitif dari Taksonomi Bloom
No
|
Kategori-kategori
dan proses-proses kognitif
|
Definisi
|
Contoh
|
1.
|
Mengingat
|
Membuka
kembali memori di masa lampau mengenai pengetahuan yang telah diperoleh
sebelumnya.
|
|
1.1
|
Mengenali
ulang
|
Memperoleh kembali memori (ingatan)
mengenai pengetahuan yang telah diketahui.
|
Siswa mengenali konsep dan rumus
bangun ruang kubus dan balok.
|
1.2
|
Mengingat
ulang
|
Menyebutkan kembali pengetahuan yang
telah diperoleh di masa lalu
|
Siswa dapat mengingat ulang konsep dan
rumus bangun ruanh kubus da balok.
|
|
|||
2.
|
Memahami
|
Membangun
konsep atau makna suatu pengetahuan sehingga mengerti benar.
|
|
2.1
|
Menginterpretasi
(menafsir)
|
Pemberian kesan, pendapat, atau
pandangan teoritis terhadap sesuatu. Mengubah suatu bentuk informasi (misalnya
grafik atau diagram) ke bentuk lain (kalimat).
|
Siswa dapat mengubah suatu diagram ke
dalam sebuah kalimat sederhana.
|
2.2
|
Mencontohkan
|
Memberikan contoh atau ilustrasi dari
sebuah konsep pengetahuan.
|
Siswa memberikan contoh bilangan
prima.
|
2.3
|
Mengklasifikasi
|
Mengelompokkan suatu konsep ke dalam
suatu kategori.
|
Mengelompokkan bahan makanan
berdasarkan zat yang dikandungnya.
|
2.4
|
Mengikhtisarkan
|
Membuat ringkasan cerita dan
menuliskan poin-poin pokok dari suatu tema.
|
Merangkum materi sejarah Indonesia di
masa penjajahan Jepang.
|
2.5
|
Menyimpulkan
|
Memberikan sebuah kesimpulan dari
pengetahuan yang telah diperoleh.
|
Setelah mempelajari konsep bangun
datar lingkaran siswa dapat menyimpulkan bahwa sisi sebuah lingkaran adalah
keliling daru lingkaran tersebut.
|
2.6
|
Membandingkan
|
Mencari persamaan atau perbedaan dua
ide, objek, konsep, dan sebagainya.
|
Membandingkan gerak benda pada
permukaan yang berbeda (misalnya permukaan mulus dan kasar).
|
2.7
|
Mengekplanasi,
menjelaskan
|
Mendeskripsikan
secara lisan tentang suatu informasi (benda, keadaan, fakta dan data) sesuai
dengan waktu dan peristiwa.
|
Menjelaskan pentingnya keutuhan NKRI.
|
|
|||
3.
|
Mengaplikasikan/Menerapkan
|
Menggunakan suatu konsep atau prosedur
yang telah diperoleh dalam situasi baru.
|
|
3.1
|
Mengeksekusi
|
Menerapkan suatu konsep ke dalam sesuatu
yang telah dikenal.
|
Membagi suatu bilangan dengan bilangan
lainnya dengan cara mengurangkan bilangan yang dibagi dengan bilangan
pembaginya.
|
3.2
|
Mengimplementasi
|
Menerapkan suatu konsep atau prosedur
yang telah diperoleh ke dalam sesuatu yang baru dikenal.
|
Menggunakan rumus luas persegi untuk
mencari luas permukaan kubus.
|
|
|||
4.
|
Menganalisis
|
Menguraikan suatu pokok terhadap
bagiannya dan menelaah bagian itu serta hubungan antarbagian untuk memperoleh
pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.
|
|
4.1
|
Membeda-bedakan
|
Memisahkan bagian yang penting dan
tidak penting dari suatu informasi.
|
Membedakan sifat segitiga sama kaki
dan segitiga sembarang.
|
4.2
|
Mengorganisasi
|
Mencari keterkaitan antara bagian-bagian
dari suatu informasi.
|
Mencari keterkaitan antara persegi dan
persegi panjang melalui sifatnya.
|
4.3
|
Mengatribusi
|
Menentukan ide pokok atau maksud dari
suatu informasi.
|
Siswa mencari ide pokok dari sebuah
paragraf.
|
|
|||
5.
|
Mengevaluasi
|
Membuat penilaian sesuai dengan
kriteria yang telah ada atau telah ditentukan sebelumnya.
|
|
5.1
|
Mengecek
|
Melihat kembali kekeliruan atau
kesesuaian antara suatu hasil dengan proses berdasar perspektif, sudut
pandang, atau kepentingan.
|
Memeriksa validitas suatu argumen.
|
5.2
|
Mengkritik
|
Menentukan kesesuaian antara hasil
dengan kriteria pada sebuah masalah dengan disertai uraian dan pertimbangan
baik buruknya.
|
Memberi penilaian terhadap guru yang
merokok di ruangan kelas.
|
|
|||
6.
|
Mengkreasi
|
Menciptakan suatu produk berdasarkan
pengetahuan yang telah diperoleh.
|
|
6.1
|
Memunculkan
|
Membuat alternatif penyelesaian dari
sebuah masalah yang ada.
|
Memberikan alternatif jawaban
sementara dari percobaan konduktor dan isolator listrik.
|
6.2
|
Merencanakan
|
Membuat sebuah desain (langkah)
penyelesaian dari sebuah permasalahan.
|
Merencanakan praktek mencangkok
tanaman.
|
6.3
|
Memproduksi
|
Menciptakan suatu produk.
|
Menghasilkan jaring-jaring kubus yang
berbeda dari jaring-jaring kubus yang dicontohkan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar