MANAJEMEN
PESERTA DIDIK
(Inne Marthyane Pratiwi)
Peserta didik adalah anggota masyarakat yang
berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia
pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.
Manajemen peserta didik dapat diartikan sebagai usaha
pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik tersebut masuk
sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah. Knezevich (1961) mengartikan
manajemen peserta didik atau pupil personnel administration sebagai
suatu layanan yang memusatkan perhatian pada pengaturan, pengawasan dan layanan
siswa di kelas dan di luar kelas seperti: pengenalan, pendaftaran, layanan
individual seperti pengembangan keseluruhan kemampuan, minat, kebutuhan sampai
ia matang di sekolah.
Manajemen peserta didik bertujuan mengatur berbagai
kegiatan dalam bidang kesiswaan agar kegiatan pembelajaran di sekolah lancar,
tertib dan teratur. Beberapa ahli berpendapat bahwa tujuan manajemen peserta
didik adalah untuk menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang baik serta agar
siswa dapat belajar dengan tertib sehingga tercapai tujuan pengajaran yang
efektif dan efisien. Ada tiga tugas utama dalam bidang manajemen peserta didik
untuk mencapai tujuan tersebut yaitu penerimaan peserta didik, kegiatan
kemajuan belajar serta bimbingan dan pembinaan disiplin. Manajemen peserta
didik meliputi beberapa kegiatan yaitu :
1. Perencanaan
terhadap peserta didik
Perencanaan
terhadap peserta didik menyangkut perencanaan penerimaan siswa baru, kelulusan,
jumlah putus sekolah dan kepindahan. Khusus mengenai perencanaan peserta didik
akan langsung berhubungan dengan kegiatan penerimaan dan proses pencatatan atau
dokumentasi data pribadi siswa, yang kemudian tidak dapat dilepaskan kaitannya
dengan pencatatan atau dokumentasi data hasil belajar dan aspek-aspek lain yang
diperlukan dalam kegiatan kurikuler dan ko-kurikuler.
2. Pembinaan
peserta didik
Langkah
kedua dalam manajemen peserta didik adalah pembinaan terhadap peserta didik
yang meliputi layanan-layanan khusus yang menunjang manajemen peserta didik. Layanan-layanan
yang dibutuhkan peserta didik di sekolah meliputi:
a. Layanan
bimbingan dan konseling
b. Layanan
perpustakaan
c. Layanan
kantin
d. Layanan
kesehatan
e. Layanan
transportasi
f. Layanan
asrama
3. Evaluasi
peserta didik
Menurut Wand dan Brown (dalam Syaiful Bahri Djamarah
dan Aswan Zain, 2002;57), evaluasi adalah suatu tindakan atau suatu proses
untuk menentukan nilai dari sesuatu. Evaluasi hasil belajar peserta didik
berarti kegiatan menilai proses dan hasil belajar siswa baik yang berupa
kegiatan kurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstrakurikuler. Penilaian hasil
belajar bertujuan untuk melihat kemajuan belajar peserta didik dalam hal
penguasaan materi pengajaran yang telah dipelajarinya sesuai dengan tujuantujuan
yang telah ditetapkan.
4. Mutasi
peserta didik
Secara garis besar mutasi peserta didik diartikan
sebagai proses perpindahan peserta didik dari sekolah satu ke sekolah yang lain
atau perpindahan peserta didik yang berada dalam sekolah. Oleh karena itu, ada
dua jenis mutasi peserta didik, yaitu:
a. Mutasi
Ekstern
Mutasi
Ekstern adalah perpindahan peserta didik dari satu sekolah ke sekolah yang
lain. Perpindahan ini hendaknya menguntungksn kedua belah pihak, artinya
perpindahan tersebut harus dikaitkan dengan kondisi sekolah yang bersangkutan, kondisi
peserta didik, dan latar belakang orang tuanya, serta sekolah yang akan ditempati.
b.
Mutasi Intern
Mutasi intern adalah
perpindahan peserta didik dalam suatu sekolah. Dalam hal ini akan dibahas
khhsus mengenai kenaikan kelas. Maksud kenaikan kelas adalah peserta didik yang
telah dapat menyelesaikan program pendidikan selama satu tahun, apabila telah
memenuhi persyaratan untuk dinaikkan, maka kepadanya berhak untuk naik kelas
berikutnya.
Sumber:
Tim
Dosen Administrasi Pendidikan. (2010). Pengelolaan
Pendidikan. Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan.
Sudrajat,
Akhmad. (2010). Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik. [online]. Tersedia: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/02/14/konsep-dasar-manajemen-peserta-didik/. [8 April
2012].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar