Daftar Menu

Selasa, 13 November 2012

Manajemen Kelas



Manajemen Kelas

Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, seorang guru harus bisa mengelola kelas. Menurut Fauzan A. Mahanani, ketrampilan mengelola kelas adalah ketrampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan ketrampilan untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal. Atau dengan kata lain mengelola kelas adalah kegiatan mengatur sejumlah sumber daya yang ada di kelas sehingga dapat mencapai tujuan pemebalajaran yang ingin dicapai secara efektif dan efisien.
Kegiatan pengaturan sumber daya yang dilakukan yang dilakukan di dalam kelas mencakup unsur manusi dan non-manusia dalam hal ini pendidik, peserta didik, bahan ajar, media, dan sebagainya. Kedua unsur ini memiliki kedudukan sama penting guna mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang dikehendaki. Manajemen kelas yang dilakukan oleh guru bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pencapaian tujuan pembelajaran di dalam kelas sehingga produktivitas kelas tinggi dan mendukung kinerja guru.
Permasalahan dapat muncul dalam kelas, oleh karena itu untuk meminimalisir dan menetralisir permasalahan yang mungkin muncul dan sudah muncul maka guru dituntut untuk memahami setiap aspek dalam manajemen kelas serta fungsi dari manajemen kelas itu sendiri serta peran-peran yang harus dibawakan oleh guru di dalam kelas.
Strategi penanganan masalah sebagai  bagian dari kegiatan manajemen kelas yang dapat dilakukan guru yaitu sebelum masalah muncul dengan menggunakan pendekatan preventif berupa pencegahan terhadap kemungkinan munculnya masalah dimana, siapa, dan kapan. Bila permasalahan sudah muncul maka strategi yang dapat diterapkan dengan menggunakan pendekatan kuratif berupa pengobatan dan perbaikan terhadap masalah-masalah yang muncul sehingga tidak terjadi pengulangan dan tidak member dampak buruk bagi hal lainnya.
Untuk memperoleh hasil belajar yang baik maka komponen proses harus didukukng oleh pemahaman guru tentang cara-cara belajar yang dilakukan anak, ada yang lebih efektif dengan audio, visual, dan penggabungan keduanya. Dengan kemampuan dan persiapan yang matang oleh guru maka diharapkan bahwa kelas yang menyenangkan dan memberikan rasa nyaman untuk belajar siswa dapat diwujudkan. Selain itu komponen kemampuan guru tidak kalah pentingnya dalam keefektifan siswa belajar di kelas. Komponen tersebut berupa kemampuan guru dalam melakukan pembelajaran secara efektif, artinya guru mampu mengajar efektif dan efisien dengan tidak meninggalkan unsure filosofis dalam pembelajaran. Penggunan teknologi juga harus disesuaikan dengan perkembangan jaman. Seperti penggunaan internet. Semakin banyaknya model-model pembelajaran yang secara tidak langsung bahkan  secara langsung menitikberatkan pelaksanan pembelajaran dengan menggunakan internet.
Apabila ketrampilan dilakukan dengan baik maka akan berdampak positif baik pada siswa maupun pada guru yang bersangkutan. Penggunaan manajemen kelas dapat digambarkan sebagai berikut
Siswa :
1.    Mendorong siswa mengembangkan tanggung jawab individu terhadap tingkahlakunya serta sadar akan mengendalikan dirinya.
2.    Membantu siswa mengerti akan arah tingkahlakunya sesuai dengan tatatertib kelas dan merasakan teguran guru sebagai suatu peringatan bukan kemarahan.
3.    Menimbulkan rasa kewajiban melibatkan diri dalam tugas serta bertingkahlaku yang wajar sesuai dengan aktivitas kelas yang sedang berlangsung.
Guru :
1.    Mengembangkan pengertian dan ketrampilan dalam memelihara kelancaran penyajian dan langkah-langkah pelajaran secara tepat dan baik.
2.    Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan siswa dan mengembangkan kompetensi di dalam memberikan pengarahan yang jelas kepada siswa.
3.    Memberikan respon secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang menimbulkan gangguang.


Sumber Referensi:
Mahani, Fauzan. (2010). Mengelola (Manajemen Kelas). [online]. Tersedia: http://edukasi.kompasiana.com/2010/02/01/mengelola-kelas/. [11 Maret 2012].
Tim Dosen Administrasi Pendidikan. (2010). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar